pasarsapi

Archive for the ‘Uncategorized’ Category

Protected: Salatiga, My Hometown

In Uncategorized on October 13, 2014 at 12:10 pm

This content is password protected. To view it please enter your password below:

PINDAH RUMAH

In Uncategorized on August 8, 2012 at 8:03 am

 

Hai teman,

blog ini sebenarnya bukan gak update

Jadi ceritanya aku udah punya rumah baru nih, rumah sendiri gitu, di sini ..

http://www.ainun.net/

Kita tetap bisa berbagi cerita, bercengkerama dan sekedar berleha-leha pun tak apa.

Ku tunggu kalian semua di rumah baruku yaaa…

Image

 

Salam hangat dari pemilik rumah 🙂

Ainun Chomsun @pasarsapi

 

Memimpin

In Mengelola orang, Uncategorized on November 30, 2009 at 4:16 pm

Pemimpin Negara  sedang dirundung problema dan berbagai pilihan yang (mungkin) sangat sulit.  Dan saat ini sedang terjadi, Sang Pemimpin ingin memenuhi keinginan semua pihak yang ada justru mengecewakan banyak pihak. Ketidakjelasan sebuah keputusan kadangkala dianggap cara yang aman untuk meminimalisir resiko, padahal sebenarnya ketidakjelasan menimbulkan lebih banyak lagi persoalan dikemudian hari.

Seorang Pemimpin yang sudah terpilih, wajib ngopeni semua rakyatnya baik yang memilih dirinya  yang memilih lawannya  ataupun yang golput. Begitu juga rakyatnya, meski yang terpilih bukan jagoannya tetap harus menghormati dan mengakui kepemimpinannya, jika benar kita dukung jika salah kita ingatkan.

Mengingatkan bisa bermacam-macam cara, ingat ada 2oo juta kepala dan gak mungkin sama. Mau bikin demo, bikin tulisan, bikin gerakan ya silakan saja. Apalagi Pemimpin Negara sangat sibuk, untuk mendapatkan perhatiannya diperlukan berbagai cara. Dan jangan menganggap apak yg dilakukan sebagai fitnah, apalagi fitnah yang kejam. Rakyat kan hanya tidak ingin pemimpinnya salah langkah. Memang suka ada yang berlebihan, lebay, tetapi balik lagi itu kan cara mereka untuk menarik perhatian pemimpinnya. Sebenarnya substansinya ingin Pemimpin Negara memimpin dengan baik dan benar. Nanti rakyat jadi takut aau apatis kalau kritik atau masukan dibilang fitnah.

Menjadi Kepala Negara bukan harus ahli segalanya. Kebayang dong satu negara dengan berbagai suku, adat istiadat, agama dan berbagai kepentingan, mana ada yang ahli semuanya?  Dalam bayangan saya, Kepala Negara  itu seperti Manager EO, yang mempunyai berbagai jenis karyawan, berbagai unit kegiatan dengan satu tujuan Show harus sukses! Kunci Manager EO adalah mempunyai asisten yang ahli dibidang masih-masing  dan berwibawa sehingga keputusan yang dibuat akan dijalankan. Mungkin Manajer EO tidak lebih pintar dari pegawainya dibidang tertentu, tetapi kemampuan melihat keseluruhan masalah dan menganalisis semua data untuk menghasilkan keputusan yang tepat itulah keunggulan Manager EO. Tidak selalu benar keputusan yang diambil, tetapi dengan cepat harus segera memperbaiki keputusan-keputusan yang salah supaya tidak mengganggu pertunjukkan. Maka diperlukan pendengaran yang cukup baik terhadap masukan dari luar dan keluhan pegawainya disamping yang pasti kepuasan klien nomer satu dalam hal ini adalah rakyatnya.

Kalau klien sudah berteriak-teriak, kalau klien sudah kecewa, bukankah berarti ada yang salah ya? Mengakui kesalahan juga bukan hal yang tabu buat pemimpin. Justru dengan kebesaran hati mau mengakui kesalahan kemudian memperbaikinya akan menimbulkan simpati dan dukungan yang tulus dari rakyatnya. Kita sebagai rakyat juga tidak mau dikit-dikit kudeta,  atau dikit-dikit ganti Kepala Negara. Capek ahh… dan kami pun terganggu hajat hidupnya.

Jaman sekarang dengan tingkat kesusahan yang semakin tinggi, rakyat sebenarnya semakin malas jika terjadi keributan di atas. Makanya kalo ndak kebangetan amat enggak akan kog rakyat ini teriak-teriak. Mending urus nasibnya sendiri-sendiri. Kalau rakyat sudah banyak yang teriak berarti sudah kebangetan to. Kalau teriak itupun tidak menggugah hati Pemimpinnya, wah mesti cara apalagi ya? Jangan salahkan rakyatnya jika semakin kreatif dan aneh-aneh untuk unjuk rasa. Dan demonstrasi pun jadi tontonan harian. Jangan jadikan kesabaran rakyat sebagai peluang untuk menghindar karena ledakan kemarahannya bisa lebih menghancurkan.

Blogger Inspiratif – Tua (Lelaki) Tidak Keladi Temannya Banyak

In Mengelola orang, Uncategorized on August 2, 2008 at 6:02 pm

*Serial Tulisan orang-orang berprestasi di sekitar saya*

Inilah blog-blog yang memberi saya pelajaran hidup, menjadi sumber inspirasi dan tempat saya mencari hiburan. Kepada mereka saya sematkan penghargaan : BLOGGER BERPRESTASI.

Paman Gombal dengan Catatan ringan angin-anginan

Paman Tyo, sang pemilik biasa disapa. Ini blog pertama yang saya baca secara intens dan membuat saya tergerak untuk membuat blog, setelah sebelumnya maju mundur tidak pede. Terimakasih Paman sudah membuat saya agak pede 🙂 Saya belum pernah ketemu langsung (tapi saya punya nomer HP nya), tapi gaya tulisannya yang sederhana, cara bertuturnya yang bersahaja, jauh dari kesan menggurui bahkan cenderung rendah hati walapun beliau pantas menjadi guru para blogger secara kesepuhan dan jam terbang tidak diragukan lagi, telah menggugah banyak blogger -termasuk saya- untuk selalu berkunjung dan meninggalkan jejak komentar. Bahkan ada beberapa pengunjung setia kalau tidak bisa dikatakan fans yang selalu menanti update-an yang katanya sesukanya. Cukup konsisten memelihara rumah blognya dan merawat pemujanya dengan gaya-nya yang sedikit nyeleneh, berbeda dari kebanyakan.

Tidak mudah membuat tulisan yang enak dibaca, tidak bertele-tele tetapi bisa menggugah kesadaran bahkan menginspirasi. Kadangkala pengambilan sudut yang berbeda yang tidak biasa membuat pembaca seperti disentak, diajak berhenti sejenak dan menoleh, sisi yang biasa kita lewati tapi tidak pernah menjadi perhatian bahkan kita tidak menyadari keberadaannya. Semua itu ada di blog Paman Gombal yang sama sekali tidak gombal.

Bapak yang katanya beristri satu berputri dua ini dalam menulis kadang lugas langsung ke sasaran, lain waktu melepir ke kiri ke kanan tak nampak sasaran dan butuh waktu untuk mencerna. Atau sesekali mentertawakan diri sendiri – konon hanya orang-orang bijaksana saja yang bisa mentertawakan diri sendiri.

Saya ingin memberikan beberapa cuplikan tulisan beliau, tetapi terus terang saya kesulitan memilih saking banyaknya yang istimewa. Jadi jika anda penasaran, silakan kunjungi langsung Paman Gombal, dan nikmati gombalannya dengan rasa yang berbeda dijamin tidak kanginan. Ada juga dagangan lain digelar, yang lucu, kreatif dan menghibur. Mau nyanyi bareng? Hayuuuk……Oh yaa satu lagi, jika anda pengunjung baru dan meninggalkan jejak komentar siap-siap saja rumah anda dikunjungi Paman baik hati ini.

Selamat malam Paman. Cita-cita saya pengin bertemu Paman. Saya fans berat Paman Gombal.

Pria Tua Bijaksana yang hampir Pecas Ndahe

Ndoro yang satu ini gak usah diragukan ketenaran dan kedigdayaannya di dunia blog. Saya gak nyalahin kalau banyak yang kemudian teracuni oleh virus ndoro dan susah mencari vaksinnya. Hore… saya sudah pernah ketemu!

Lumayan matang -jika tidak dapat dikatakan sepuh, dan selalu punya amunisi untuk membuat percikan atau bom yang mengguncang, dalam rangka mengingatkan pembacanya akan sesuatu hal yang dianggap krusial. Jangan harap ada teguran lugas atau petunjuk kehidupan, dan jangan harap juga ada jawaban atas berbagai masalah yang dikupasnya. Silakan baca, renungkan dan temukan sendiri jawabannya. Anda setuju atau tidak, itu bukan masalah buat Ndoro. Karena bukan itu yang mau Ndoro dapatkan. Pembelajaran yang membebaskan.

Banyak kejutan atau gurauan-guraun gayeng yang up to date (untuk hal ini jangan diragukan, konon Ndoro sudah bangkotan di dunia pewartaan dan pergosipan). Dan mempunyai perhatian yang lebih terhadap lingkungannya. Lihatlah cara beliau menyapa teman bloggernya, menggunjing melancarkan jalan perjodohan blogger-blogger muda yang lagi kelimpungan atau menyentil aparat, pejabat, artis, politisi. Kadang santun kadang kebangetan, tetapi tidak ada imtimidasi atau pemaksaan. Lihat-lihat angin, kalau ternyata harus membakar lumbung untuk menangkap tikus apa daya beliau lakukan, walau pemadam kebakarannya selalu dia siapkan. Sesekali jadi martir tak mengapa, karena hidup adalah pengabdian.

Sekarang saya tahu kenapa dia adalah Ndoro, pikiran yang jauh ke depan dan penuh perhitungan. Menempatkan kepentingan khalayak ramai di atas kemasyuran diri menjadi pilihannya walau tidak jarang menimbulkan salah pengertian dan caci maki. Punya banyak fans berat dan juga penghujat, mungkin juga penjilat tidak menggoyahkan apa yang jadi pilihannya. Ah ndoro saya kadang ndak mudeng sama maksud sampeyan, kadang saya juga gak sepaham tetapi keteguhan Ndoro untuk menyebarkan pitutur dan piwulangan di tengah sesaknya informasi yang menyesatkan memberikan gambaran sebuah konsistensi. Pendek akal saya Ndor!

Punya Paklik yang gak good, dan jabatan yang tidak sembarangan di kumpeninya tidak membuat dia jumawa duduk di atas kursi tertingginya. Membantu tanpa diminta, memuji siapa saja yang layak dipuji atau membagi traffiknya yang luber-luber selalu dilakukan ditengah padatnya jadwal dan kewajibannya sebagai orang tua. Anggota komite sekolah anaknya yang masih gemar embat-embatan dengan blogger kere di pinggir jalan depan air mancur.

Kalau belum pernah ketemu beliau, jangan takut! Tidak seperti Ndoro sesungguhnya, dia hanyalah manusia sepuh yang yang ingin berbagi apa saja kepada siapa saja yang mungkin berguna. Dan jika anda bertemu untuk pertama kalinya, jangan kaget bodinya masih layak disebut anak muda, dan jangan kuatir tidak kebagian hinaan dan cercaannya tapi jangan tersinggung. Justru anda harus tersinggung kalau Ndoro memuji anda. Ada apa dengan Ndoro..?

Apakah Ndoro orang yang bijaksana? Itu terserah pendapat Ki Sanak, yang jelas dia adalah Wicaksono. Silakan anda nikmati kejutan-kejutan inspiratifnya, karena dunia semakin tua dan hidup yang penuh kejutan.

Selamat Malam minggu Ki sanak Ndoro? Berapa hujatan dan pujian yang Ndoro terima malam ini?

Menjadi tua adalah takdir, menjadi dewasa dan bijaksana adalah pilihan. Dan itulah pilihan beliau berdua.

Spirit of the day 2 – 290708

In Uncategorized on July 29, 2008 at 4:24 pm

Tidak setiap yang

kita hadapi dapat kita ubah

Tapi, tidak ada apa pun yang akan berubah

kalau kita tidak menghadapinya

  • Lucille Ball-aktris

Spirit of the Day – 290708

In Uncategorized on July 29, 2008 at 4:07 pm

Saya bukan kenangan saya

Saya adalah mimpi saya

  • Terry Hostetler – pengusaha

31.01.2008

In Uncategorized on January 31, 2008 at 12:10 pm

 Rumah Selatan

Hari ini bikin “rumah” baru lagi. Mungkin bisa menjadi tempat berbagi, apa saja yang bisa dibagi.
Jakarta, di bagian selatan, di pojok ruangan, terbenam di sofa dalam lampu temaram