pasarsapi

Ke Amerika? Siapa Takut!

In Mengelola orang on March 23, 2011 at 1:36 am

Apa mimpi kamu yang belum kesampaian? Kalau aku pengin sekolah ke luar negeri. Dan rasanya mimpi itu jauh dari rasa bakal tercapai. Hal utama dan menurutku paling krusial adalah: rasa takut hidup di negeri orang ha ha ha. Cupu ya…. Sebagai orang ndeso dan besar di kampung, rasanya hidup di luar negeri seperti hidup di negeri antah berantah yang kebayang pun tidak. Dan aku percaya banyak di antara kita tidak berani bersekolah ke luar negeri bukan karena tidak mampu tetapi karena takut.

Dulu, akses informasi belum begitu mudah dan segala hal yang terkait dengan luar negeri nampak sulit dan mahal. Kita hanya bisa mendapatkan informasi dari televisi, radio atau koran yang terkadang tidak begitu lengkap. Sehingga kita hanya bisa membayang-bayangkan dan menebak-nebak seperti apa di sana. Tetapi, salah satu teman sekolahku dengan tekad yang kuat dan keberanian yang besar berangkat sekolah ke Amerika, dan sekarang bekerja dan berkarir di sana. Teman yang lain pun banyak yang sekarang bekerja di Amerika atau di negara lainnya. Aku pun ingin seperti mereka, tetapi rasa takutku mengganjal mimpi itu.

Kemudian segala hal begerak begitu cepat. Perkembangan dunia digital membuat informasi dari belahan dunia mana pun bisa kita terima saat ini juga dan mudah! Informasi, cerita dan gambaran kampus-kampus di sana lengkap kita peroleh. Kemajuan teknologi mempermudah segala urusan termasuk pendidikan.

Saran dari seorang teman yang sudah berpengalaman studi ke luar negeri adalah, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang negara dan program studi yang ingin dijalani supaya kita tidak gagap dan ketakutan hidup di negeri orang. Sekarang banyak lembaga yang memberikan bantuan dan kemudahan untuk bisa belajar di luar negeri, salah satunya ACCESS Education Beyond yang bakal mengadakan tur di beberapa kota di Indonesia. Hari Kamis tanggal 24 Maret 2011 ini mereka akan mengadakan Open House dan Launching, terbuka untuk umum Info ada di sini. Puncak acaranya sendiri yaitu ACCESS America Higher Education Fair akan dilaksanakan di Sampoerna Strategic Square, Jakarta, pada tanggal 3 April 2011, pukul 11:00-18:00 WIB

Banyak hal mesti dipersiapkan untuk belajar di luar negeri seperti kemampuan bahasa Inggris, persiapan akademi, dokumen yang diperlukan, bimbingan pemilihan sekolah serta berbagai masalah yang terkait dengan finansial. ACCESS Education Beyond memberikan bantuan yang komprehensif sehingga para orang tua atau calon mahasiswa bisa lebih mudah mendapatkan sekolah sesuai yang diinginkan.

Bukan hanya di Jakarta, seperti yang aku informasikan diawal, Access Education Beyond bakal tur di berbagai daerah. Teman-teman silakan mencatat jadwalnya dan cari kota yang terdekat dengan tempat tinggalmu. Untuk memudahkan, bisa juga registrasi online di website mereka ada hadiahnya lo iPad, iPod Touch dan Blackberry, hayuk buruan!

  • Denpasar (Bali)

26 Maret 2011. Pukul  12:30 – 15:30

Tempat: Mercure Resort, Sanur

  • Surabaya (Jawa Timur)

28 Maret 2011. Pukul 16:00 – 19:00

Tempat : JW Marriott

  • Balikpapan (Kalimantan Timur)

26 Maret 2011. Pukul 17:30 – 20:30

Tempat: Le Grandeur

  • Palembang (Sumatera Selatan)

26 Maret 2011. Pukul 16:00 – 19:00

Tempat: Grand Zuri

  • Medan (Sumatera Utara)

1 April 2011. Pukul  17:15 – 20:15

Tempat: JW Marriott

Kesempatan ini sayang kalau dilewatkan, karena beberapa perwakilan Universitas di Amerika bakal ikut serta dalam tur tersebut sehingga kita bisa langsung bertanya dan konsultasi kepada mereka. Sekarang belajar ke luar negeri menjadi suatu keharusan jika kita ingin menjadi pemimpin masa depan. Kemajuan teknologi membuat batas antar negara semakin tipis kecuali masalah geografis, membuat kita harus paham betul perkembangan dunia secara global. Jika dulu sekolah di luar negeri selalu dianggap mahal, sekarang sekolah di dalam negeri pun sama mahalnya. Bahkan sebenarnya banyak beasiswa dari perguruan tinggi di luar negeri, asal kita rajin mencari informasi. Apalagi mahasiswa Indonesia terkenal pintar dan rajin, sehingga tidak ada kesulitan yang berarti untuk menyesuaikan sistem pendidikan di sana.

Jadi ketakutan hidup di luar negeri sudah tidak beralasan lagi kan? Ada Informasi dan dukungan yang begitu komprehensif dari ACCESS Education Beyond. Ayo kalian yang masih muda, ambil kesempatan untuk menimba ilmu di negeri orang. Bukan hanya ilmunya, tetapi pengalaman dan sosialisasi dengan orang-orang dari berbagai negara sangat berharga dan tidak di dapat jika kita sekolah di sini. Segeralah persiapkan dirimu untuk belajar ke negeri Pam Sam atau di mana pun di luar sana. Eh.. udah dicatat kan jadwal tur Access Education Beyond yang terdekat dengan tempat tinggalmu?


  1. gyaaaa..koq gak ada Makassar.?😦

  2. kalau aku pengen ke Belanda ik, ke Amerika gak tau kenapa gak begitu pengen. tapi kalau ada yang bayarin ya pasti mau bangetlah…hehehe…

  3. Yessy: ke Belanda eksotis ya? Tapi kemana aja asal dibayarin mah hayuuk ajah hehehe

  4. […] sudah mengetahui @access_edu yaitu Access Education Beyond dari postingan Mbak Ainun mengenai belajar di Amerika. Terus terang dari dulu saya ingin sekali bisa belajar di luar negeri. Kayaknya asyik, penuh […]

Comments are closed.

%d bloggers like this: