pasarsapi

Kenapa Risau..?

In Mengelola orang on August 28, 2009 at 9:37 am

Kenapa kita harus risau dengan malam, karena pagi pasti datang.

Kenapa kita harus risau dengan kemalangan, karena kesenangan akan datang.

Kenapa kita harus risau dengan kesulitan, karena kemudahan pasti akan datang.

Banyak dari kita seringkali terpuruk dalam kesedihan yang dalam, tanpa tahu harus bagaimana. Merasa frustasi, bahkan depresi sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.  Padahal kalau kita selalu ingat janji ALLAH bahwa dibalik kesulitan pasti ada kemudahan, maka tidak ada penderitaan yang abadi.

Hidup ini bergilir dari gelap ke terang, dari mudah ke susah, dari sehat menjadi sakit dan kemudian sehat lagi.  Walaupun kita tidak mau menerima, tetap saja saat-saat gelap pasti datang. Untuk apa dilawan. Berdoa memohon supaya tidak ada kesusahan? Seperti memohon pagi hadir tanpa malam.

Menjalani segala sesuatu sesuai dengan ketetapan-NYA dan menerima sebagai suatu hal yang memang harus terjadi atau bahasa lainnya ikhlas adalah kuncinya. Kita tidak bisa menghindar dari bencana, tetapi kita bisa menghadapi bencana. Kita tidak bisa menghindar dari kesulitan, tetapi kemudahan akan datang menyelesaikan.

Jadi, mari kita berdoa memohon kekuatan, keihlasan, dan kelapangan hati untuk menerima segala sesuatunya sebagaimana adanya, tanpa perlu menggurui TUHAN.

Apakah saya gak boleh minta sehat, minta kaya, minta selamat?  Yaa..boleh, bahkan harus meminta kepada Yang Punya Hidup, tetapi apabila kita sakit, kita miskin, kita celaka bukan karena ALLAH tidak mengabulkan doa kita, tetapi karena kita manusia memang harus menjalani sebagai bagian dari proses kehidupan.

Jika sehat dan sakit, susah dan senang, mudah dan sulit bisa kita jalani dengan kerelaan hati, tanpa perasaan yang melebihkan di salah satu bagian maka itulah kebahagiaan yang sesungguhnya.

Dengan sakit, kita bersyukur diberi sehat, dengan susah kita bersyukur diberi kesenangan, dengan kesulitan kita menghargai adanya kemudahan-kemudahan yang kita peroleh.

Jadi, kenapa harus risau..?

Quote of the day : bersyukurlah atas hal-hal yang kecil, karena tanpa mensyukuri yang kecil kita tidak bisa menikmati hal-hal yang besar.

  1. hm…. *terpekur*

  2. saya suka quotenya…

    *tobat*

  3. Alhamdulillah…
    bersyukur untuk hari ini.
    atas apa yang Tuhan tlah berikan.

  4. untunglah saya pernah risau, supaya hati saya pernah merasakan jatuh untuk melawan kejatuhan yang lebih besar nanti. untunglah saya pernah risau, supaya saya takut dan berbuat lebih besar.. Ya Allah, terima kasih telah menunjukkan keberadaanmu yang menenangkan kalau saya risau..

    Risau itu lucu ya tante.. hehe😀

  5. hmmm…
    saya ngak risau, hanya kadang bertanya-tanya.🙂

Comments are closed.

%d bloggers like this: