pasarsapi

Blogger Inspiratif – Perempuan Kreatif temannya (juga) Banyak

In Mengelola orang on August 5, 2008 at 2:44 pm

*serial tulisan orang-orang inspiratif di sekitar saya*

Kali ini, saya menulis blogger yang sama sekali belum pernah bertemu dan berkomunikasi. Saya hanya mengenal melalui tulisannya, tetapi mereka sangat inspiratif, menghibur terkadang mengharukan. Saya senang berkunjung ke rumah ramah mereka.

Miund – Single but not available– Kreatif dan inspiratif

Saya termasuk pengunjung setianya yang jarang meninggalkan jejak. Setiap ada waktu jalan-jalan saya pasti mampir ke rumah jeng satu ini. Sumpah! Tulisannya menyegarkan sangat orisinil dan menghibur. Ada saja ide di kepalanya. Tidak muluk-muluk atau sibuk merendahkan -rendah, sangat apa adanya.

Tema tulisan yang *sehari-hari* tapi seringkali tidak kita sadari, membuat saya *manggut-manggut* iya..ya…Membuka rahasia-rahasia kecil yang sering dilakukan perempuan tapi malu untuk diungkapkan termasuk bagian dari postingannya. Ihh..malu Und, saya juga begitu, hahaa…

Saya tidak pernah bertemu atau berkomunikasi dengannya. Babarblas! Tapi, baca tulisannya seakan-akan saya mengenal dekat dengannya. Saya tau pacarnya, sahabatnya, musuhnya (walaupun gakada link-nya) bahkan keluarganya. Dia anak tunggal dari campuran Menado dan Jawa, Bapaknya Pilot (bener gak ya..) suka karaoke bareng sahabat-sahabatnya semua terpapar jelas. Sesekali postingannya sangat lokal (hanya teman nyatanya yang tau) tapi bisa bikin kita ikut senyum-senyum sendiri.

Ekspresif dan berani menyatakan pendiriannya sekali pun berbeda, menunjukkan kepercayaan diri yang dimiliki. Saya tidak tau persis pekerjaannya apa, tapi dia orang kreatif, membuat tulisannya tidak pernah mati gaya. Selalu ada hal baru yang kadang mengejutkan dalam postingannya. Kalau dia jarang posting -karena kesibukannya- pembacanya melontarkan protes karena gak ada bahan ngakak hari itu.

Apakah dia selalu ngakak jaya di blognya? Tunggu dulu. Kadangkala ada ketoprak karet limanya juga. Maksudnya? Saking pedesnya, sampai perlu karet lima. Tulisannya kadang pedas (walaupun menurut saya gak pedes-pedes amat) jika ada hal-hal yang mengganggu – termasuk kebijakan pemerintah yang ngganggu banget. Sejudes itukah? Ah, enggak kog, dia juga menulis sesuatu yang menyentuh dan dalem jika melihat sesuatu yang “tidak adil”. Jadi apa benar ya karetnya lima?

Miund termasuk salah satu blogger seleb, penggemarnya banyak. Bahkan ada penggemar fanatik yang tidak jera-jera mengopi-paste tanpa ijin tentunya, dan tak jemu-jemu pula miund menegurnya, memberikan catatan pelajaran etika per-blogger-an. Yang hanya sekedar meniru gaya tulisannya pun ada. Beberapa kali saya lihat dia tampil di media termasuk TV sebagai pembicara atas nama blogger. Bahkan sudah menerbitkan buku GOKIL hasil postingan blognya yang cuku laris -termasuk saya pembelinya.

Toko buku masih kebingungan menaruh di rak mana buku GOKIL ini, karena belum ada kategorisasi yang sesuai sehingga Gramedia memutuskan dengan sepihak untuk meletakkan di rak hobi bareng dengan buku Menyulam dengan Gampang. Kategori yang sedikit menyesatkan sehingga agak susah mencarinya. Sempat ngobrol sama Boss penerbit terkemuka tentang hal ini, dan mereka memang belum bisa menemukan kategori yang sesuai untuk buku dengan gaya penulisan yang seperti itu. Padahal masih menurut Boss itu, sekarang semakin banyak buku dengan genre seperti itu dan Miund adalah salah satu pelopornya atau tredsetter. Selamat Miund, sepertinya anda perlu bikin rak sendiri deh di Gramedia.

Kalau mau melihat dunia yang berwarna-warni, kreatif dan berbeda, dari kacamata anak muda-perempuan-pintar-lulusan ITB-jujur, miund dot com jendelanya. Selamat berkunjung, nikmatilah sajian Mbak Asmara Letizia yang masih single tapi gak available yang selalu up-to-date dengan isu-isu baru. Habis Bebe-nya nongkrongin terus seeeh. Heheee….

Miund, salah satu bogger yang saya tunggu jadwal jumpa fans-nya. Inspiratif dan menghibur.

Mbak Venus – Ratu Kopdar yang selalu available (Padahal Gak single)

Ini dia, blogger perempuan inspiratif berikutnya yang mengenalkan saya dengan dunia blog selain Paman Tyo. Pemilik nickname Venus ini menurut saya unik, karena ternyata beliau adalah seorang ibu rumah tangga dengan 2 putra yang sangat gaul tetapi tidak ikut arisan PKK. Gaulnya dimana? Di tempat-tempat yang ada wifi-nya, laptop, rokok menthol (bener enggak Mbok?) dengan agenda KOPI DARAT. Biasanya, judul ibu rumah tangga selalu identik dengan gaptek, bergaul hanya dengan ibu-ibu rumpis pembela Halimah, tontonannya cek-ricek dan tidak paham bahwa dunia berputar sedemikian cepatnya. Dan Venus adalah pendobrak stereotip tentang ibu rumah tangga. Dan kumpulan ibu rumah tangga boleh berbangga karena stempel itu tidak benar adanya.

Apa saya pernah bertemu? Walaupun beliau ratu kopdar, tapi saya belum pernah bertemu. Pernah chatting sekali, menanyakan perihal dirinya dan beliau menjawab dengan apa adanya. Kesan terbuka dan ramah terlihat di blog-nya sehingga tidak heran kalau kemudian ada fans pembacanya yang rela jauh-jauh dari luarkota berkunjung ke rumahnya.

Seringkali larut dalam tulisan-tulisan romantis melakolisnya, membuat pembaca salah menilai bahwa postingannya adalah benar adanya. Apakah hanya bualan semata? Silakan tanya langsung kepada sang pemilik pasti akan dijawab segera.

Seringkali menghadiri dengan senang hati dan terbuka undangan kopdaran apalagi kalau di sekitar tempat tinggalnya, membuat nama venus begitu lekat di blogger tua dan muda. Makanya walaupun sudah bersuami dan berputra dua yang ganteng itu, beliau tetap available adanya, maksudnya kapan aja kopdaran hayukkk ajah …!

Dalam beberapa tulisan, dia memaparkan perjalanan mudiknya Jakarta -Jawa Timur. Sepanjang rute panturanya itu dia selalu ada tempat untuk berhenti dan kopdaran dengan para blogger. “Itu kalo juragan berkenan” akunya, jadi bisa anda bayangkan berapa banyak temannya di dunia maya yang kemudian menjadi teman nyatanya. Juragan adalah sebutan untuk suaminya yang seniman nyentrik, senyentrik relasi suami-istri yang mereka jalankan.

Mengaku tidak begitu suka bergaul dengan tetangga, atau sekitar tetapi punya teman sepanjang Jakarta sampai Jawa Timur, membuat simbok tidak kehabisan bahan postingan. Punya partner in crime menyusun cerita fiksi di blognya secara bersambung yang konon menurut isu akan dibukukan.

Buat saya, Simbok ini inspiratif. Gayanya yang berbeda dengan kebanyakan, menjadikan blognya dikunjungi banyak pembacanya. Walaupun katanya dia tidak punya formula apa-apa untuk membuat blognya terkenal, yang dia lakukan adalah rajin berkunjung dan berbagi komentar kepada siapa pun yang dikehendaki. “Saya gak punya fans, hanya pembaca” pernah ia lontarkan dalam chattingan singkat kami.

Saya tidak pernah membaca keluhan, celoteh kebosanan atau kerepotannya menjadi ibu rumah tangga. Semua nampak tidak ada beban dan dinikmati sepenuh hati perannya. Bahkan ketika ada yang bilang keluarga yang aneh karena menjalin relasi perkawinan yang tidak biasa, dia pun tetap santai menanggapinya.

Buat saya, Venus memberikan inspirasi dan menjadi bagian dari daftar rumah yang saya kunjungi. Posisinya sebagai ibu rumah tangga yang rajin ngeblog dan membangun jalinan pertemanan serta relasi perkawinan yang tidak biasa memberikan saya wawasan yang berbeda tentang kehidupan.

Jangan merasa rendah diri karena menjadi ibu rumah tangga -jabatan luar biasa yang sekarang tidak diminati, karena ibu rumah tangga bisa juga berkarya dan bergaul. Jejak curahan hati Ibu Venus yang kondang itu membuktikannya.

Saya ingin sekali menjadi ibu rumah tangga suatu saat nanti, karena saat ini kebutuhan hidup belum bisa diajak kompromi. Hayuuuuk kopdaran Mboook..!!!

  1. Titip salim sama dua wanita tsb.

    .::he509x™::.

  2. ah malu saya baca tulisan ini. dibanding yang lain, saya belum apa-apa. tapi saya tersentuh kalau memang saya bisa menyentuh orang lain yang belum saya kenal. terima kasih udah suka main-main ke rumah maya saya🙂

    btw, saya suka istilah rumah ramah😀

  3. hwadooohhhh….berasa ditelanjangi habis2an di sini, hyahahaha… anyways, makasih banyak. aduh tapi asli saya malu diposting segala gini, hihihi….

  4. Simbok Venus itu emang teope, sama Ning yang hanya blogger biasa saja beliau tetap ramah dan hangat.

Comments are closed.

%d bloggers like this: