pasarsapi

Archive for August, 2008|Monthly archive page

Teman-Teman Membumi

In Mengelola orang on August 25, 2008 at 4:42 pm

*Serial tulisan tentang orang-orang inspiratif*

Kali ini saya ingin menuliskan teman-teman yang menginspirasi saya. Teman di dunia nyata, ada yang ketemu di dunia maya, ada yang memang dari kecil “ubyang-ubyung” bareng.

Hidup di Jakarta, selama kurang lebih 10 tahun, membuat saya sebagai pendatang dari kampung seringkali merasa kehilangan “sesuatu”. Larut dalam hingar bingar papan reklame dan gemerlap mal dan kafe. Kekosongan yang terus menerus kadang menyesatkan. Makanya saya sangat bersyukur mempunyai teman-teman yang “down to earth”. Dengan mereka saya merasakan kehidupan yang apa adanya. Mereka tempat saya kembali, tempat saya menghibur diri dan membuat hidup lebih berarti. Teman-teman tempat saya me-recharge baterei.

To all my friend i love :

1. Siska Y

seorang editor yang sedikit individualis dan pemarah tapi punya suara bagus. Dia teman semenjak SMA di kampung, dan kemudian sama-sama merantau di Jakarta. Tempat saya menumpahkan segala kepenatan kepala dan hati. Tempat saya tidak berpura-pura dan menjadi diri sendiri. Teman nongkrong sejati, membicarakan  curhatan gak jelas ataupun gosip gak mutu berjam-jam sampai mal atau kafe tutup. Saya tidak mampu menuliskan panjang lebar, karena terlalu banyak dan terlalu dalam cerita-cerita perjalanan persahabatan kami sehingga tidak cukup tempat ini menampung semua. Hanya satu kalimat yang bisa saya sampaikan, dia sangat apa adanya, dan selalu memberikan bahunya untuk saya. Terimakasih Mama Ika atas hari-hari up and down-nya. Mari kita taklukan Jakarta, hahaha…!!!

2. Yuli P

bankir yang serius dan selalu berusaha keras untuk mendapatkan apa yang dia mau. Bersahabat sejak SMA dan sudah kenal sejak SMP, membuat kami saling mengerti tanpa perlu penjelasan. Karena kami berbeda kota, telepon lah yang menjadi alat komunikasi kami. Bertiga, saya-Yuli-Siska bersahabat dengan segala keunikan dan keterbatasan masing-masing. Jika saya patah hati atau sakit hati karena orang lain, dia dengan solidaritas yang tinggi ikut membenci sang oknum, walaupun saya sudah berdamai, dia tetap semangat membenci si pembuat sakit hati, hahaa… Dia pejuang yang gigih, pantang menyerah dan selalu berusaha keras untuk meraih mimpinya. Tidak yang didapat tanpa usaha, begitu motonya. Dengannya saya belajar tentang kegigihan dan ketangguhan. Hidup ini keras, tapi kita jauh lebih keras bukan? Terimakasih atas ribuan hari berbaginya, terimakasih atas tangis dan tawanya, karena hidup adalah perjuangan karena hidup adalah pembelajaran. Bertiga kami belajar tentang berbagi dan tetap membumi.

3. Oot, Steve, Anjas, Yudha, Penjol, Gepeng

Mereka adalah teman-teman dari SMA yang sama-sama merantau ke Jakarta. Lewat pertemuan rutin yang kami jalani, banyak hal yang bisa dibagi. Dulu ketika masih SMA kami satu geng, dan sekarang di Jakarta setelah bekerja dan berumah tangga kami tetap menjaga geng. Ada perubahan, pasti! Karena hidup adalah perubahan. Kami masing-masing sudah mempunyai kehidupan sendiri, tetapi tidak mengurangi jalinan komunikasi, karena kami sama-sama membutuhkan. Mereka teman tumbuh bersama, tempat saya rehat dan tertawa. Tempat kami melihat jejak masa lalu, bukan untuk terikat tetapi untuk menjadi cerminan dan pelajaran di hari-hari mendatang. Terimakasih teman-teman atas persahabatan tanpa batasan. Kepada kalian, saya sandarkan kebutuhan “ngakak dan nggelar dagangang gosip kampung“. Hahaaaa….

4. Dari dunia maya ke dunia nyata : Blogger BHI, khususnya : Ipul, Mitha, KW, dan Iqbal

Kalau ini, saya temukan di belantara ibukota, di sesaknya dunia maya. Baru bergaul dengan mereka, tetapi memberikan banyak inspirasi dan wawasan baru. Disini saya temukan “dunia apa adanya” seperti teman-teman saya sekampung, dengan berbagai latar yang berbeda. Gojekan kere, gak mutu terkadang saru menjadi materi pembicaraan utama. Tetapi jangan salah, di dalam gojek, ada aksi nyata untuk berbagi kepada sesama. Jangan cepat sakit hati dengan guyonan mereka, karena percuma, mendingan dinikmati sebagai hiburan gratis yang jarang di dapat di ibukota. Sangat terbuka, tidak ada prasangka dan original dengan kendesoannya. Tidak tampak statusnya sebagai eksmud Jakarta terutama pada Jum’at malam di seputaran depan bunderan HI. Saya akan mencari mereka untuk me-recharge baterei kehidupan saya, karena Jakarta memabukkan dan melenakan. Seringkali saya terlalu larut dalam arus Jakarta yang material dan konsumtif, lupa atas akar dan asal. Mereka membawa saya kembali ke bumi, melepaskan arus hedonis Jakarta yang memabukkan. Hidup ini pendek, tetapi tidak hanya untuk hari ini dan bukan untuk diri sendiri. Mereka mengajarkan kepada saya tentang persahabatan tanpa tuntutan tanpa batasan tanpa hitungan. Terimakasih teman, atas persahabatan tulus ditengah gemerlapnya EX Plasa dan Grand Indonesia. Mal megah itu tidak pernah menyilaukan kalian, Mal megah hanyalah gambar yang sebentar akan hilang. Karena hidup sesungguhnya adalah dibalik mal, dijalanan sempit tanpa gebyar lampu dan TV, di pengapnya kamar tak berventilasi, dengan semua keterbatasan yang nyata tetapi tidak menyurutkan untuk berbagi tanpa prasangka dengan siapa saja, dan dari mana saja.

Advertisements

Blogger Inspiratif – Perempuan Kreatif temannya (juga) Banyak

In Mengelola orang on August 5, 2008 at 2:44 pm

*serial tulisan orang-orang inspiratif di sekitar saya*

Kali ini, saya menulis blogger yang sama sekali belum pernah bertemu dan berkomunikasi. Saya hanya mengenal melalui tulisannya, tetapi mereka sangat inspiratif, menghibur terkadang mengharukan. Saya senang berkunjung ke rumah ramah mereka.

Miund – Single but not available– Kreatif dan inspiratif

Saya termasuk pengunjung setianya yang jarang meninggalkan jejak. Setiap ada waktu jalan-jalan saya pasti mampir ke rumah jeng satu ini. Sumpah! Tulisannya menyegarkan sangat orisinil dan menghibur. Ada saja ide di kepalanya. Tidak muluk-muluk atau sibuk merendahkan -rendah, sangat apa adanya.

Tema tulisan yang *sehari-hari* tapi seringkali tidak kita sadari, membuat saya *manggut-manggut* iya..ya…Membuka rahasia-rahasia kecil yang sering dilakukan perempuan tapi malu untuk diungkapkan termasuk bagian dari postingannya. Ihh..malu Und, saya juga begitu, hahaa…

Saya tidak pernah bertemu atau berkomunikasi dengannya. Babarblas! Tapi, baca tulisannya seakan-akan saya mengenal dekat dengannya. Saya tau pacarnya, sahabatnya, musuhnya (walaupun gakada link-nya) bahkan keluarganya. Dia anak tunggal dari campuran Menado dan Jawa, Bapaknya Pilot (bener gak ya..) suka karaoke bareng sahabat-sahabatnya semua terpapar jelas. Sesekali postingannya sangat lokal (hanya teman nyatanya yang tau) tapi bisa bikin kita ikut senyum-senyum sendiri.

Ekspresif dan berani menyatakan pendiriannya sekali pun berbeda, menunjukkan kepercayaan diri yang dimiliki. Saya tidak tau persis pekerjaannya apa, tapi dia orang kreatif, membuat tulisannya tidak pernah mati gaya. Selalu ada hal baru yang kadang mengejutkan dalam postingannya. Kalau dia jarang posting -karena kesibukannya- pembacanya melontarkan protes karena gak ada bahan ngakak hari itu.

Apakah dia selalu ngakak jaya di blognya? Tunggu dulu. Kadangkala ada ketoprak karet limanya juga. Maksudnya? Saking pedesnya, sampai perlu karet lima. Tulisannya kadang pedas (walaupun menurut saya gak pedes-pedes amat) jika ada hal-hal yang mengganggu – termasuk kebijakan pemerintah yang ngganggu banget. Sejudes itukah? Ah, enggak kog, dia juga menulis sesuatu yang menyentuh dan dalem jika melihat sesuatu yang “tidak adil”. Jadi apa benar ya karetnya lima?

Miund termasuk salah satu blogger seleb, penggemarnya banyak. Bahkan ada penggemar fanatik yang tidak jera-jera mengopi-paste tanpa ijin tentunya, dan tak jemu-jemu pula miund menegurnya, memberikan catatan pelajaran etika per-blogger-an. Yang hanya sekedar meniru gaya tulisannya pun ada. Beberapa kali saya lihat dia tampil di media termasuk TV sebagai pembicara atas nama blogger. Bahkan sudah menerbitkan buku GOKIL hasil postingan blognya yang cuku laris -termasuk saya pembelinya.

Toko buku masih kebingungan menaruh di rak mana buku GOKIL ini, karena belum ada kategorisasi yang sesuai sehingga Gramedia memutuskan dengan sepihak untuk meletakkan di rak hobi bareng dengan buku Menyulam dengan Gampang. Kategori yang sedikit menyesatkan sehingga agak susah mencarinya. Sempat ngobrol sama Boss penerbit terkemuka tentang hal ini, dan mereka memang belum bisa menemukan kategori yang sesuai untuk buku dengan gaya penulisan yang seperti itu. Padahal masih menurut Boss itu, sekarang semakin banyak buku dengan genre seperti itu dan Miund adalah salah satu pelopornya atau tredsetter. Selamat Miund, sepertinya anda perlu bikin rak sendiri deh di Gramedia.

Kalau mau melihat dunia yang berwarna-warni, kreatif dan berbeda, dari kacamata anak muda-perempuan-pintar-lulusan ITB-jujur, miund dot com jendelanya. Selamat berkunjung, nikmatilah sajian Mbak Asmara Letizia yang masih single tapi gak available yang selalu up-to-date dengan isu-isu baru. Habis Bebe-nya nongkrongin terus seeeh. Heheee….

Miund, salah satu bogger yang saya tunggu jadwal jumpa fans-nya. Inspiratif dan menghibur.

Mbak Venus – Ratu Kopdar yang selalu available (Padahal Gak single)

Ini dia, blogger perempuan inspiratif berikutnya yang mengenalkan saya dengan dunia blog selain Paman Tyo. Pemilik nickname Venus ini menurut saya unik, karena ternyata beliau adalah seorang ibu rumah tangga dengan 2 putra yang sangat gaul tetapi tidak ikut arisan PKK. Gaulnya dimana? Di tempat-tempat yang ada wifi-nya, laptop, rokok menthol (bener enggak Mbok?) dengan agenda KOPI DARAT. Biasanya, judul ibu rumah tangga selalu identik dengan gaptek, bergaul hanya dengan ibu-ibu rumpis pembela Halimah, tontonannya cek-ricek dan tidak paham bahwa dunia berputar sedemikian cepatnya. Dan Venus adalah pendobrak stereotip tentang ibu rumah tangga. Dan kumpulan ibu rumah tangga boleh berbangga karena stempel itu tidak benar adanya.

Apa saya pernah bertemu? Walaupun beliau ratu kopdar, tapi saya belum pernah bertemu. Pernah chatting sekali, menanyakan perihal dirinya dan beliau menjawab dengan apa adanya. Kesan terbuka dan ramah terlihat di blog-nya sehingga tidak heran kalau kemudian ada fans pembacanya yang rela jauh-jauh dari luarkota berkunjung ke rumahnya.

Seringkali larut dalam tulisan-tulisan romantis melakolisnya, membuat pembaca salah menilai bahwa postingannya adalah benar adanya. Apakah hanya bualan semata? Silakan tanya langsung kepada sang pemilik pasti akan dijawab segera.

Seringkali menghadiri dengan senang hati dan terbuka undangan kopdaran apalagi kalau di sekitar tempat tinggalnya, membuat nama venus begitu lekat di blogger tua dan muda. Makanya walaupun sudah bersuami dan berputra dua yang ganteng itu, beliau tetap available adanya, maksudnya kapan aja kopdaran hayukkk ajah …!

Dalam beberapa tulisan, dia memaparkan perjalanan mudiknya Jakarta -Jawa Timur. Sepanjang rute panturanya itu dia selalu ada tempat untuk berhenti dan kopdaran dengan para blogger. “Itu kalo juragan berkenan” akunya, jadi bisa anda bayangkan berapa banyak temannya di dunia maya yang kemudian menjadi teman nyatanya. Juragan adalah sebutan untuk suaminya yang seniman nyentrik, senyentrik relasi suami-istri yang mereka jalankan.

Mengaku tidak begitu suka bergaul dengan tetangga, atau sekitar tetapi punya teman sepanjang Jakarta sampai Jawa Timur, membuat simbok tidak kehabisan bahan postingan. Punya partner in crime menyusun cerita fiksi di blognya secara bersambung yang konon menurut isu akan dibukukan.

Buat saya, Simbok ini inspiratif. Gayanya yang berbeda dengan kebanyakan, menjadikan blognya dikunjungi banyak pembacanya. Walaupun katanya dia tidak punya formula apa-apa untuk membuat blognya terkenal, yang dia lakukan adalah rajin berkunjung dan berbagi komentar kepada siapa pun yang dikehendaki. “Saya gak punya fans, hanya pembaca” pernah ia lontarkan dalam chattingan singkat kami.

Saya tidak pernah membaca keluhan, celoteh kebosanan atau kerepotannya menjadi ibu rumah tangga. Semua nampak tidak ada beban dan dinikmati sepenuh hati perannya. Bahkan ketika ada yang bilang keluarga yang aneh karena menjalin relasi perkawinan yang tidak biasa, dia pun tetap santai menanggapinya.

Buat saya, Venus memberikan inspirasi dan menjadi bagian dari daftar rumah yang saya kunjungi. Posisinya sebagai ibu rumah tangga yang rajin ngeblog dan membangun jalinan pertemanan serta relasi perkawinan yang tidak biasa memberikan saya wawasan yang berbeda tentang kehidupan.

Jangan merasa rendah diri karena menjadi ibu rumah tangga -jabatan luar biasa yang sekarang tidak diminati, karena ibu rumah tangga bisa juga berkarya dan bergaul. Jejak curahan hati Ibu Venus yang kondang itu membuktikannya.

Saya ingin sekali menjadi ibu rumah tangga suatu saat nanti, karena saat ini kebutuhan hidup belum bisa diajak kompromi. Hayuuuuk kopdaran Mboook..!!!

Blogger Inspiratif – Tua (Lelaki) Tidak Keladi Temannya Banyak

In Mengelola orang, Uncategorized on August 2, 2008 at 6:02 pm

*Serial Tulisan orang-orang berprestasi di sekitar saya*

Inilah blog-blog yang memberi saya pelajaran hidup, menjadi sumber inspirasi dan tempat saya mencari hiburan. Kepada mereka saya sematkan penghargaan : BLOGGER BERPRESTASI.

Paman Gombal dengan Catatan ringan angin-anginan

Paman Tyo, sang pemilik biasa disapa. Ini blog pertama yang saya baca secara intens dan membuat saya tergerak untuk membuat blog, setelah sebelumnya maju mundur tidak pede. Terimakasih Paman sudah membuat saya agak pede 🙂 Saya belum pernah ketemu langsung (tapi saya punya nomer HP nya), tapi gaya tulisannya yang sederhana, cara bertuturnya yang bersahaja, jauh dari kesan menggurui bahkan cenderung rendah hati walapun beliau pantas menjadi guru para blogger secara kesepuhan dan jam terbang tidak diragukan lagi, telah menggugah banyak blogger -termasuk saya- untuk selalu berkunjung dan meninggalkan jejak komentar. Bahkan ada beberapa pengunjung setia kalau tidak bisa dikatakan fans yang selalu menanti update-an yang katanya sesukanya. Cukup konsisten memelihara rumah blognya dan merawat pemujanya dengan gaya-nya yang sedikit nyeleneh, berbeda dari kebanyakan.

Tidak mudah membuat tulisan yang enak dibaca, tidak bertele-tele tetapi bisa menggugah kesadaran bahkan menginspirasi. Kadangkala pengambilan sudut yang berbeda yang tidak biasa membuat pembaca seperti disentak, diajak berhenti sejenak dan menoleh, sisi yang biasa kita lewati tapi tidak pernah menjadi perhatian bahkan kita tidak menyadari keberadaannya. Semua itu ada di blog Paman Gombal yang sama sekali tidak gombal.

Bapak yang katanya beristri satu berputri dua ini dalam menulis kadang lugas langsung ke sasaran, lain waktu melepir ke kiri ke kanan tak nampak sasaran dan butuh waktu untuk mencerna. Atau sesekali mentertawakan diri sendiri – konon hanya orang-orang bijaksana saja yang bisa mentertawakan diri sendiri.

Saya ingin memberikan beberapa cuplikan tulisan beliau, tetapi terus terang saya kesulitan memilih saking banyaknya yang istimewa. Jadi jika anda penasaran, silakan kunjungi langsung Paman Gombal, dan nikmati gombalannya dengan rasa yang berbeda dijamin tidak kanginan. Ada juga dagangan lain digelar, yang lucu, kreatif dan menghibur. Mau nyanyi bareng? Hayuuuk……Oh yaa satu lagi, jika anda pengunjung baru dan meninggalkan jejak komentar siap-siap saja rumah anda dikunjungi Paman baik hati ini.

Selamat malam Paman. Cita-cita saya pengin bertemu Paman. Saya fans berat Paman Gombal.

Pria Tua Bijaksana yang hampir Pecas Ndahe

Ndoro yang satu ini gak usah diragukan ketenaran dan kedigdayaannya di dunia blog. Saya gak nyalahin kalau banyak yang kemudian teracuni oleh virus ndoro dan susah mencari vaksinnya. Hore… saya sudah pernah ketemu!

Lumayan matang -jika tidak dapat dikatakan sepuh, dan selalu punya amunisi untuk membuat percikan atau bom yang mengguncang, dalam rangka mengingatkan pembacanya akan sesuatu hal yang dianggap krusial. Jangan harap ada teguran lugas atau petunjuk kehidupan, dan jangan harap juga ada jawaban atas berbagai masalah yang dikupasnya. Silakan baca, renungkan dan temukan sendiri jawabannya. Anda setuju atau tidak, itu bukan masalah buat Ndoro. Karena bukan itu yang mau Ndoro dapatkan. Pembelajaran yang membebaskan.

Banyak kejutan atau gurauan-guraun gayeng yang up to date (untuk hal ini jangan diragukan, konon Ndoro sudah bangkotan di dunia pewartaan dan pergosipan). Dan mempunyai perhatian yang lebih terhadap lingkungannya. Lihatlah cara beliau menyapa teman bloggernya, menggunjing melancarkan jalan perjodohan blogger-blogger muda yang lagi kelimpungan atau menyentil aparat, pejabat, artis, politisi. Kadang santun kadang kebangetan, tetapi tidak ada imtimidasi atau pemaksaan. Lihat-lihat angin, kalau ternyata harus membakar lumbung untuk menangkap tikus apa daya beliau lakukan, walau pemadam kebakarannya selalu dia siapkan. Sesekali jadi martir tak mengapa, karena hidup adalah pengabdian.

Sekarang saya tahu kenapa dia adalah Ndoro, pikiran yang jauh ke depan dan penuh perhitungan. Menempatkan kepentingan khalayak ramai di atas kemasyuran diri menjadi pilihannya walau tidak jarang menimbulkan salah pengertian dan caci maki. Punya banyak fans berat dan juga penghujat, mungkin juga penjilat tidak menggoyahkan apa yang jadi pilihannya. Ah ndoro saya kadang ndak mudeng sama maksud sampeyan, kadang saya juga gak sepaham tetapi keteguhan Ndoro untuk menyebarkan pitutur dan piwulangan di tengah sesaknya informasi yang menyesatkan memberikan gambaran sebuah konsistensi. Pendek akal saya Ndor!

Punya Paklik yang gak good, dan jabatan yang tidak sembarangan di kumpeninya tidak membuat dia jumawa duduk di atas kursi tertingginya. Membantu tanpa diminta, memuji siapa saja yang layak dipuji atau membagi traffiknya yang luber-luber selalu dilakukan ditengah padatnya jadwal dan kewajibannya sebagai orang tua. Anggota komite sekolah anaknya yang masih gemar embat-embatan dengan blogger kere di pinggir jalan depan air mancur.

Kalau belum pernah ketemu beliau, jangan takut! Tidak seperti Ndoro sesungguhnya, dia hanyalah manusia sepuh yang yang ingin berbagi apa saja kepada siapa saja yang mungkin berguna. Dan jika anda bertemu untuk pertama kalinya, jangan kaget bodinya masih layak disebut anak muda, dan jangan kuatir tidak kebagian hinaan dan cercaannya tapi jangan tersinggung. Justru anda harus tersinggung kalau Ndoro memuji anda. Ada apa dengan Ndoro..?

Apakah Ndoro orang yang bijaksana? Itu terserah pendapat Ki Sanak, yang jelas dia adalah Wicaksono. Silakan anda nikmati kejutan-kejutan inspiratifnya, karena dunia semakin tua dan hidup yang penuh kejutan.

Selamat Malam minggu Ki sanak Ndoro? Berapa hujatan dan pujian yang Ndoro terima malam ini?

Menjadi tua adalah takdir, menjadi dewasa dan bijaksana adalah pilihan. Dan itulah pilihan beliau berdua.